Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry Terhadap Keterampilan Argumentasil Ilmiah Peserta Didik Pada Materi Asam Basa
Keywords:
Argument Driven Inquiry, Asam Basa, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Argumentasi IlmiahAbstract
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan masih rendahnya implementasi pembelajaran yang menumbuhkan keterampilan argumentasi ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran argument driven inquiry terhadap keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik pada materi asam basa dan mengetahui sumbangan efektif model pembelajaran argument driven inquiry terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Subjek dari penelitian ini terdiri 137 peserta didik SMA Negeri 4 Palembang Tahun Ajaran 2022/2023 yang diperoleh dengan teknik sampel yaitu simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang meliputi tes keterampilan argumentasi ilmiah berbentuk soal uraian berjumlah 12. . Uji coba intrumen keterampilan argumentasi ilmiah yang dianalisis dengan Rasch Model. Teknik analisis data hasil respon peserta didik terhadap tes keterampilan argumentasi ilmiah dianalisis dengan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran argument driven inquiry terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi asam basa. Sumbangan efektif model pembelajaran argument driven inquiry pada materi asam basa terhadap keterampilan argumentasi ilmiah yaitu sebesar 9%, Secara umum, peserta didik memberikan tanggapan yang positif terhadap penerapan model pembelajaran ADI untuk meningkatkan keterampilan argumentasi ilmiah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Agung Satriya, Sri Atun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.